src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Cari Blog Ini

Jumat, 01 Mei 2009

TDA2050 Amplifier



Proyek kali ini dilatarbelakangi keinginan memiliki perangkat amplifier yang berkualitas dengan  biaya minim. Skema rangkaian sama persis seperti proyek-proyek sebelumnya namun dengan kualitas komponen yang lebih baik.

Semua resistor memakai jenis metal film dengan toleransi 1%, elko masih memakai yang standar karena sulitnya mencari yang berkualitas di daerah saya. Namun semua kapasitor milar memakai jenis MKM, kapasitor kopling input memakai jenis MKS dengan merk Audiophiler karena bagian input harus benar-benar bersih dari noise yang disebabkan oleh kabel interkonek. Disamping itu, pembuatan PCB dibuat lebih baik dari proyek sebelumnya dengan memprtimbangkan letak masing-masing komponen terutama bagian filter catu daya serta posisi input dan outputnya. PCB yang digunakan adalah jenis fiber dengan kualitas pilihan. Berikut layout dan PRTnya (tampak atas):


Setelah semua rangkaian disolder dan siap di uji coba. Waktunya mempersiapkan catu daya. Catu daya memakai Trafo 5A merk BIG, diode bridge dengan ampere yang sama serta dua buah elko 10.000mF.
Waktunya uji dengar !!!!!!
Perangkat yang digunakan berupa dua buah speaker Audax dan dua buah tweeter (merk abal-abal) serta sebuah mp3 player. Uji dengar pertama mencoba memainkan tembang dewi-dewi ‘perempuan paling cantik di negeriku indonesia’ dengan ukuran file 10Mb sehingga diharapkan semua instrument dapat terepro karena belum terlalu terkompres filenya. Dentuman drum begitu mantap, vocal transparan, pada pertengahan lagu terdengar alunan gitar yang begitu nyata yang seolah-olah terpisah dari instrument lain. Tentunya, hal mendasar yang wajib terpenuhi pada system audio adalah terbebas dari hum (dengung) dan noise.
Proyek kali ini ada kekurangannya, setelah saya amat-amati ternyata nada middle dan treble terlalu dominan mungkin karena uji coba kali ini tanpa menggunakan pre amp atau tone control. Namun yang sebenarnya saya harapkan adalah amplifier dapat merepro semua frekuensi dengan seimbang walaupun tanpa tone control, Karen saya pikir tone control atau pre amp dapat mengurangi kemurnian (naturalitas)suara. Kekurangan tersebut saya akali dengan memasang kapasitor dan resistor pada bagian input yang membentuk konfigurasi low pass filter guna meningkatkan frekuensi rendah. Nilainya disesuaikan dengan selera anda sendiri dengan mencoba-coba dengan berbagai nilai sampai diperoleh hasil yang sesuai selera. Walaupun sebenarnya ada rumus matematikannya untuk menentukan frekuensi yang diinginkan.
Kualitas amp ini sebenarnya masih bisa ditingkatkan lagi dengan mengganti TDA2050 dengan LM1875, mengganti semua elko dengan kualitas/brand yang lebih baik , mengganti kapasitor kopling input dengan yang lebih baik pula. Hal itu belum terealisir karena sulitnya mendapatkan komponen-komponen tersebut di daerah saya.
Tunggu proyek saya berikutnya !!!!!!!:D

Masukkan Code ini K1-FAFB1D-1
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

51 komentar:

tyar mengatakan...

mas, jam digitalnya bisa g d bri tahu nama komponenny

Anonim mengatakan...

mas buat "STEREO GAINCLONE TDA2050" habisnya berapa ya? power amplinya aja...

Amir Amiru mengatakan...

@tyar: sismin mc at89s51 n modul 7segmen.klo mas tyar pernah blajar mc pasti langsung jadi klo mbuatnya.
@anonim: trgantung mau kmponen biasa atau bgus.klo skedar asal bunyi (kmponen pasaran) gak lbh dr 10rb untk mono.

Anonim mengatakan...

mas itu speaker yang dipakai uji stereo gainclone TDA 2010 coba ukurannya berapa inc ya..trus model spekernya didalam atau diluar box nya..
thanks mas

Heru mengatakan...

Mas Ameer, saya baru saja buat PA dg TDA2050, skema dapat dari DIYaudio. Trafo 5A 20 volt, diode 6A, elco 2x8200 Matsushita, kaps kopling NAM 2,2 mF. masalahnya ketika saya nyalakan awalnya bersih, tp setelah 5 menit lalu suaranya terdistorsi parah sekali dan ic tda2050-nya cepat panas (belum saya pasang heatsink) padahal bukaan volume baru seperempat. Menurut Mas Ameer apa yang salah dengan rangkaian saya? terima kasih atas jawabannya.

Amir Amiru mengatakan...

@heru:jg sekali2 nyba chip amp tanpa heatsink.hasilny jelas gosong tu chip amp.20 vac=skitar 28vdc=agak menyiksa tda2050.cb trunkan aja jd 15 atau 18vac .cb voltase rndah dlu,klo dah sukses,bru naikan.

sani hasan mengatakan...

mas, punya rangkaian crest/crate/crese audio amplifier?

muhamad mengatakan...

ukuran panjang pcb nya berapa mas ameer?

Anonim mengatakan...

TDA 2030 di swap langsung am LM1875 perlu penyesuaian gak??
trafo 1,3a 12v CT
ngangkat gak ya kira2?

Anonim mengatakan...

TDA 2030 di swap langsung am LM1875 perlu penyesuaian gak??
trafo 1,3a 12v CT
ngangkat gak ya kira2?

Anonim mengatakan...

TDA 2030 di swap langsung am LM1875 perlu penyesuaian gak??
trafo 1,3a 12v CT
ngangkat gak ya kira2?

Amir Amiru mengatakan...

@sani: skema crest audio ada di forum Solfegio mas, gabung aja..
@muhammad: ukuran sama persis di gambar mas, tu kan skala 1:1
@anonim: tda2030 langsung bisa di swap ke lm1875, gak perlu penyesuaian komponen rangkaian, hanya perlu penyesuaian di Supplynya aja. 1,3A 12 volt?? ngangkat sih ngangkat, tapi gak maksimal mas, coba minimal 3A 18CT (mono).

muhamad mengatakan...

mas ameer badan ic yang nempel di pendigin pake mika isolator apa tidak?thx

Amir Amiru mengatakan...

@muhamad: sebaiknya pake mas, body IC kan ngikut negatif supply, takutnya klo gak pake isolator bisa short (tidak sengaja nyentuh ground).

Anonim mengatakan...

mas ameer ngeprintnya layout pcb dibalik apa tidak?

Amir Amiru mengatakan...

gak usah dibalik mas,tinggal print. Tapi layout diatas kalo diprint gak bagus mas, soalnya file jpg, sementara fila aslinya (.dip) gak tau kemana. mending gambar ulang aja mas :)

Anonim mengatakan...

TDA2030/50 ga bisa disebut GainClone, itu harusnya disebut ChipAmp.
GainClone(Kloning untuk "GainCard") hanya untuk produk Nat Semi seperti LM3886 dll. yg memang asal mula ampli ini dari GainCard LM3875.

Amir Amiru mengatakan...

Terima kasih bro, anda betul sekali, Gainclone-nya mr Kimura emang pake 3875, versi Shigaraki pun pake LM overture series juga (1875). Ini kan Gainclone Versi saya..hehehe

Amir Amiru mengatakan...

Judulnya ganti aja ya, biar tidak menyesatkan...:)

Haryo Primady mengatakan...

mas, mau tanya, saya pakai TDA 2050, Trafo 3A 18vCT. TDA 2050 nya cpat panas. Kira2 gmna ya mas??? Terus kalo untuk pemasangan LED untuk indikator speaker yang arusnya diambil dari out power pakai R berapa ohm ya mas??

Amir Amiru mengatakan...

cepet panasnya gimana mas? tanpa input langsung panas apa gimana?HS udah cukup? speaker berapa ohm?coba turunin jadi 15 ac masih panas gak mas? harusnya sih anget2 aja. Indikator speaker??maksudnya biar led nyala seiring musik mas? kalo iya, jangan ngambil dari out speaker mas,gak rekomen, dari input aja juga bisa.

Anonim mengatakan...

mas, baru selesai ngrakit tda 2050 di pcb bolong2, tpi pake komponen yng biasa, pas di tes dah bunyi tpi ada "hum" walaupn inputnya "0". PSU pake 3A 15v elco 10.000mf/50v. kira2 apanya yang salah mas?

Amir Amiru mengatakan...

banyak kemungkinan penyebabnya mas, coba kirim foto rakitannya ke mail saya.

mamanwr mengatakan...

mas mohon info dapat lm 1875 asli..email.mamanwr8@gmail.com ..terima kasih mas

Anonim mengatakan...

konfigurasi low pass filter? wah keren tuh mas ... kasih penampakan donk soalnya telinga saya juga d jenuh dengan keluaran Tonecontrol, pengan coba passip low filter P2P gitu mas ...

Anonim mengatakan...

resisitornya berapa watt mas?

Amir Amiru mengatakan...

bisa pake 0,25 atau 0,5 watt

Unknown mengatakan...

Siang gan, mau tanya2. Ane dibeliin ampli merk Platinum, Mono dgn IC TDA2030A, output tulisan'a 32W. Kaya'a yg murah'a deh, kelas bawah gitu.
Yg mau ane tanyain, apakah IC TDA2030A itu bagus? Di sini jg udah ada tone control dgn potensio, Vol - Tre - Bass. Lalu kalo ane mau pasang langsung pakai carger HP (dc12v) apakah bisa? Tanpa menggunakan Travo gitu.
Mohon pencerahan'a, makasih sebelum'a gan.

Amir Amiru mengatakan...

Mas sendiri yang bilang kelas bawah lho :D, tentu suaranya ya sebanding harganya.
Disuplly Charger HP ?? Gak bisa, charger hp terlalu rendah arusnya. Kalo ada charger laptop boleh dipake, itupun rangkaian harus diubah kalo bawaanya didesain buat dual supply, dan kurang maksimal juga karena rata2 charger laptop kisaran 20V.

Saran saya --> beli Trafo atau ganti kit yang kuat disupply charger yang situ punya.

Unknown mengatakan...

Hehe, ya nama'a dibeliin kan tinggal pakai gan, hehe.
Oh bgtu tho. Power ampli rata2 itu arus'a AC ya? Kecuali kit mp3 player'a yg DC ya?
Kalo boleh tau apa ada Kit yg lgsg DC5V gitu? Yg sesuai carger HP, & kalo ada bilang'a gimana ditoko? Kisaran harga'a jg brp?

Sendy mengatakan...

mas tanya dong, dulu awal mula saya bikin tda2050(dipcb bolong2), ternyata rangkaian saya pakai yang single supply, dan pake trafo 5a , lalu pake power supply DC yg input ke trafo nya 25+ ct 25-, dan output tegangan ke tda2050 nya 38vdc, aman sampai sekarang, dulu sampe habis banyak ganti2 tda2050 nya gara2 saya coba2 di 39vdc-40vdc, dan ternyata aman nya di 38vdc.

sekarang saya ingin bikin lg, dan nyari kit yg single supply itu jarang, kebanyakan split supply yg di pake org2, nah kalau split supply di kasih 25+ ct 25- , jebol ga mas?

soal nya dari awal dulu sampe skrg saya penasaran dari datasheet nya tda2050, tertulis :
HIGH OPERATING SUPPLY VOLTAGE (50V)
dan VS Supply Voltage ±25 V
tapi kenapa hanya aman di 38vdc dan dari yg saya tahu kebanyakan org pakai di 18+ ct 18-.

Trims.

Amir Amiru mengatakan...

Agus : Kalo Kit ditoko saya gak tau, gak pernah beli kit soalnya. Kalo mau bikin sendiri aja misal pake TDA2822, TBA820,LM386 dsb.

Sendy : Yang datasheet sebutkan itu dalam kondisi ideal mas. Untuk aktualnya biasanya kurang dari itu. Pertanyaan saya, kenapa mau pake single supply? kenapa gak pakai LM1875 saja yang sudah pasti jauh lebih baik dari TDA2050? LM1875 yang pernah saya coba kuat disupply (dual supply) sampai 30VDC, kalo TDA2050 maksimal di 25VDC.

Sendy mengatakan...

@Ameer

oh gt ya mas, hahaha, saya masih belajaran, liat skematik di datasheet nya, saya ga mudeng kalo liat yang split supply, wekekeke.

tda2050 nya saya buat subwoofer sih, bener nya sayang ya mas, tp watt nya besar tda2050 kan dari pada yg LM1875 ?

mas, saya juga lagi belajar buat subwoofer, pake sistim OCL,
tolong bantu jawab bisa ya mas, dari forum solfegio blm ada yg jawab:

mas tanya, punya saya, saya kasih 32- ct 32+ kok cuma bentar dan langsung rusak, ga sampe ngasep sih, begitu bunyi "blek" langsung saya matiin, saya tahu nya, akhir nya saya pindah tes ke 12- ct 12+ , keluar output speaker nya malah 16vdc, bahkan input sudah saya kasih music.

bombaster scorpion kit saya, dapat tr final merk Hanaya 2SA1216 dan 2SC2922.
terus tr lain nya BD139 dan BD140, dan yang kecil lagi, C945 dan A733 3x.

padahal di pcb nya kan tertulis input tengangan 25-32vct , tapi kok jadi rusak gini ya, kalau mau di kasih 32- ct 32+ , gimana cara nya ya mas? apa aja yang harus saya ganti?

Trafo yang saya pakai, merk BELT 5A.
dari yang saya baca-baca di forum ini,
kaya nya bd139 dan bd140 di upgrade aja ya ke TIP41 dan TIP42 biar kuat gitu?
kalau untuk tr c945 dan a733 gimana ya mas? harus di ganti apa biar lebih kuat?

http://www.solfegio.com/forum/showthread.php?tid=8743

Trims.

Unknown mengatakan...

Wah, kalo bikin sendiri sangsi, ini aja masi newbie fisrt project abal2, wkwkwk. Kalo rakit dari Nol, sya belum yakin, mslh'a bnyk pelajaran elektro waktu SMP yg pd lupa, hahai. Sejauh ini cuma beli Kit siap sambung/solder. Btw thanks info n pencerahan'a gan. Sukses selalu buat postingan2'a. Hehe.

Unknown mengatakan...

Mas saya coba bikin kok bingung y ...
Klo di skemanya ground tidak terhubung jd groud apakah perlu dihubungkan? Dan kemana y

Amir Amiru mengatakan...

Yudistira : Wah saya juga bingung dengan pertanyaan nya :D, di skema kan udah jelas mas. GND ya terhubung ke GND power supply.

alex mengatakan...

om saya punya speker aktif 2.1 yg satelitnya pake tda 2030a x2...wofer juga 2030a 2x jadi semua ada 4 tda 2030a...klo wofer mw d ganti tda 2050 bisa k ya??? apa harus ada part yg di ganti jua???tanks..

Amir Amiru mengatakan...

Penggantian TDA2030 ke 2050 tidak ada part yang perlu diganti. Skema sama persis, TDA2050 dayanya lebih besar, jadi supply harus dinaikan biar kerasa bedanya, kalo gak dinaikan ya sama aja dayanya. Ketika supply dinaikan perlu dilihat apakah rangkaian lain ( lpf, Tone control kalo ada) juga harus diperhatikan apakah aman jika supply dinaikan, apakah perlu diganti part lain ato enggak ( butuh skema, minimal foto lah untuk bisa diliat mana yang perlu penyesuaian).

alex mengatakan...

O gtu ya om..kalo suply nya sh pke travo 12~ct~12..kalo ori tda 2050 brp ya om?? Ada sh d online gk sampe 10rb..merek st tpi ori atw gk sy kurang tw.. Om punya kit 5.1 gk??

Amir Amiru mengatakan...

TDA2050 max 18vac, kit 5.1 gak punya mas, jaman sekarang mending beli jadi , tinggal upgrade aja, daripada bikin dari 0.

Aan mengatakan...

Mas..saya abis beli ampli gitar belc*t 15G, suaranya kurang maksimal,maklum murah,hehe..
Spec = IC tda 2030, Trafo 300ma, 12v
Klo misalnya mau diupgrade pake lm 1875 bisa ngga mas?
Apakah hrs ngubah rangkaian atau cm ngubah bagian power supplynya aja..
Thanks :D

Amir Amiru mengatakan...

Kurang maksimalnya seperti apa mas?

diliat dari supplynya aja udah keliatan hasilnya. Paling mudah, ganti trafo dulu dg kapasitas lbh besar (2A cukup), naikan supplynya menjadi 15V. Perhatikan juga komponen aktif lain apa mampu disupply 15 vac dr trafo. Jawaban detailnya udah saya kirim via email.

Salam nyolder

Aan mengatakan...

Ow..oke mas..
300ma emang kurang maksimal, tone nya krg jelas..hhe..
Rangkainnya cm mono mas? Bagusnya cb pake trafo 1A dlu atau lngsung 2A aja?

Amir Amiru mengatakan...

Ampli gitar kan emang mono mas. Ganti ke 2A aja, elo supply juga perbesar. Intinya, modif awal itu bagian PSU nya aja dulu.

Unknown mengatakan...

Itu pemasangan komponen emang dipasang diatas layoutnya langsung ya??knp nggak dibalik nya layout mas??

Amir Amiru mengatakan...

@Afrizal Faraby

itu saya pakai PCB fiber transparan, jadi keliatan kaya dipasang langsung diatas tembaganya, padahal enggak.

Unknown mengatakan...

Mas trafonya kok cepet panas ya. Power TDA 2050. Sya pake trafo 3A catudaya 18 V.saya coba powernya saja,nggak pake tone.atau ada yang salah. Minta solusinya mas.

Unknown mengatakan...

Mas saya rangkai 2050 pake trafo 5A mau di suplay pake 24v dr trafo apa gak masalah sama ic atau komponen lain
Mohon pencerahannya...

Anonim mengatakan...

Bang tanya saya ada kit tda 2030 ST 2.1 ch di bagian subwofernya saya ganti tda 2050 keluaran UTC kok suaranya gak seempuk keluaran ST,trims

Unknown mengatakan...

Apa yang harus di ubah jika tda2030a di ganti dengan tda2050a.minta solusinya mas,makasih

Unknown mengatakan...

senpai saya mau tanya .. kit power 100watt pake ic TDA 2030 PSU pake trafo 5A 12v kenapa ic TDA 2030 cepet panas dan cpet short.. mohon pencerahan nya apa yg harus di rubah

Posting Komentar