src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 06 Mei 2009

LED CUBE



Bagi anda yang menyukai gemerlap led yang menawan dengan efek animasi yang menarik jangan lewatkan untuk mencoba proyek saya yang satu ini. Namanya led cube yaitu beberapa led yang disusun menjadi sebuah kubus yang dapat diatur variasi penyalaannya sehingga membentuk efek animasi. Efek animasi ini dikontrol oleh Mikrokontroller yang diprogram untuk menyalakan led pada outputnya dengan sistem scanning ataupun dengan cara yang paling sederhana yaitu seperti menyalakan led seperti biasa tapi secara berpola. Jumlah led yang disusun membentuk kubus disesuaikan dengan selera kita. Makin banyak susunan led, makin rumit pula pemrogramannya. Susunan led terdiri dari 2X2X2(minimal), 3X3X3, 4X4X4,5X5X5, dan seterusnya atau tergantung keinginan kita, tentunya dengan pertimbangan budget dan kemampuan membuat program. Dalam proyek saya kali ini saya membuat led cube dengan dimensi 3X3X3. Berikut skemanya:

Saya mengunakan Software Dip Trace dalam pembuatan layout PCB sebab mudah dalam pengoperasiannya. PCB yang saya rancang dibuat seminimalis mungkin, dan dapat langsung berfungsi sebagai downloader sehingga anda tidak memerlukan downloader tersendiri. Berikut layout dan PRTnya:

Setelah PCB jadi, pasanglah semua komponen dan susunlah led sehingga menjadi seperti sebuah kubus.






Setelah semua komponen terpasang, berilah catu daya sebesar 9volt Dc, kemudian hubungkan rangkaian ke computer menggunakan kabel ISP.
Setelah rangkaian terhubung dengan computer jalankan program ISP Programmer, dan cek apakah mikrokontroller sudah terbaca leh komputer dengan meng-klik Verify.
Jika sudah terbaca computer, download program ke mikrokontroller dengan langkah sebagai berikut: open>pilih program(format Hex)>write. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Anda dapat melihat langsung hasilnya setelah proses download selesaisehingga jika terjadi kekeliruan program anda bisa langsung memperbaiki programnya tanpa perlu melepas mikrokontroller ataupun melepas kabel ISP karena PCB dirancang untuk dapat sekaligus dijadikan sebagai downloader.
Setelah program dibenamkan pada mikrokontroller, saya hidupkan led cube di ruang yang agak gelap. Efek animasi begitu menarik sehingga tak ada kata bosan melihatnya.. Efek menarik ini didapatkan dengan perjuangan yang cukup menyusahkan dalam pembuatan programnya. Efek anmiasi yang dibuat hanya 20 variasi, karena keterbatasan memoi mikrokontroller dan juga karena konfigurasinya hanya 3X3X3, jika 4X4X4 atau lebih pasti bisa lebih banyak variasinya (tapi mumet juga programnya). Dalam pembuatan program, saya mengerahkan 2 teman programmer untuk membantu saya. Videonya dapat anda download disini:
silahkan download list program asemblernya disini


19 komentar: