src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Cari Blog Ini

Selasa, 15 Desember 2015

SuperGainclone By Bob Cordell



Ada banyak variasi/jenis improvement untuk mendongkrak sound quality chip amp seperti MyRef, SuperSymetry, dan SuperGainclone. Dan ketiganya belum pernah saya realisasikan :D. MyRef pernah sudah hampir jadi lalu terbengkalai dan mangkrak dikolong meja. Kali ini saya tertarik bikin SuperGainclone yang dirancang oleh designer ampli ternama, Bob Cordell . Inverting mode plus buffer plus DC servo membuat saya penasaran dengan hasilnya yang diklaim bersuara manis manja grup :P.

Berikut referensi-nya :

PCB versi saya :




Untuk bagian buffer and inverter-nya saya memakai dual opamp general purpose LM833, adanya cuma itu. Sedangkan untuk bagian integrator-nya/DC servo saya memakai LF411 karena low offset dan low drift JFETnya banyak dipakai untuk keperluan DC servo seperti pada Apex SR series.

PSU yang dipake :




Awalnya mau saya pasang Panasonic FC 1000uF/50, jadi total 12.000uF per rail, tapi ngintip kardus kok masih banyak elko-elko kecil gak dipake, akhirnya saya manfaatin aja. Bisa dilihat pasukannya campur-campur, Elna RJH 2200uF/35V, Rubycon PX 680uF/50V, Panasonic [M] 470uF/50V, NipChem GXE 100uF/50V. Sangat cukup untuk satu channel.



Prototypenya udah berdendang dengan merdu. Hasil suara? dengan mengesampingkan part yang digunakan, kesan pertama yang saya rasakan adalah super low noise, sunyi senyap, berarti dc servo berkelakuan baik :). Yang paling menonjol adalah highnya yang sangat rapi, panjang, dengan kedetailan yang diatas rata-rata GC standard,  sektor mid juga super detail tapi sedikit kaku. Low tegas dan berat, gak seperti GC standar yang sedikit lembut.
Penggantian tipe part adalah cara paling gampang untuk memoles karakter superGC ini, tapi gak semua orang bisa langsung merasakannya -termasuk saya :D-. Lakukan rolling opamp buffer terlebih dulu, itu yang sangat signifikan perubahannya, baru bermain dengan part pasifnya.

Overall, superGC ini sangat cocok buat musik cepet, super detailnya sangat lezat untuk mengolah musik slow rock, string gitar sangat jelas terdengar, rapi, panjang, lengkingan distorsi gitar enak banget . Tapi  -perasaan saya aja kali ye- buat jazz ,bossanove,dan sebangsanya terkesan kaku

Inverting mode, buffer included,dc servo, no elko feedback, input rfi filter, adalah beberapa alasan dari banyak alasan lain dari superGC yang pantas kalian rakit...

Update design PCB :






Salam nyolderrr




10 komentar:

Unknown mengatakan...

bisa kirimi layout pdf ke email : kuntorohadisaputro@gmail.com

Amir Amiru mengatakan...

@kuntorohadi saputro

maaf layout superGC belum bisa saya share :). mungkin lain kali

Ricky mengatakan...

Bang amiru
ada schematicnya?

saya pengen coba buat , cuman ga ada schematicnya di web referensinya


Terimakasih.

Amir Amiru mengatakan...

@Ricky Fajar

Mirip sekali dengan ini kok :

http://www.diyaudio.com/forums/chip-amps/162099-lm3886-schematics-pcb-45.html


Wildan Maulana Hasbi mengatakan...

Bang amir.
Boleh minta pdf'a?

Anonim mengatakan...

Hi Amir. Would you be prepared to exchange Super Gainclone layout? I will give you my SGC layout with the Klever Klipper included. We trade ideas on layout!
Regards

Amir Amiru mengatakan...

@Anonim
Sure, pls drop me an email

Anonim mengatakan...

Amir, Ref the SGC with Klipper. I don't see your email. Please email me sausage@amail.club and I'll reply with my home email.
Regards

Anonim mengatakan...

Sorry Amir that email"sausage@amail.club" won't let me reply, so please use my home email
mgatusch@gmail.com
I'll send you my layout of the SGC with Klipper

Unknown mengatakan...

Please send a copy of the PDF file for the PCB. My email is 00mint@gmail.com

Thank you very, very much

Posting Komentar