Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 23 Maret 2009

MULTIMEDIA AMPLIFIER "murah meriah"



Berawal dari kecintaan pada dunia audio, sudah hampir dua tahun saya kumpulkan berbagai skema power amplifier dari yang berdaya kecil, menengah, besar,dari yang pake tr, mosfet maupun jenis gainclone(integrated).Saking banyaknya flashdisk 1G penuh ama file audio yg sya kumpulkan, tp baru beberapa yang sya buat.minim biaya broo......
namun sya puas dg hasilnya....
Rangkaian ketiga amplifiernya adalah sama, hanya berbeda IC nya saja.Sama disini berarti bahwa semua komponen pendukung(pasif) memiliki nilai dan susunan yang sama.Untuk subwoofer memakai TDA 2050 yang kurang lebih berdaya 25 watt, untuk satelit memakai TDA 2030 dengan daya yang dihasilkan kira-kira setengah dari TDa 2050 yaitu sekitar 10 watt. Berikut rangkaiannya :


Setelah amplifier selesai dirakit, saya mencoba apakah berfungsi atau tidak dengan member catu simetri 12 volt DC dengan beban speaker 8ohm. Pengecekan hanya member sentuhan tangan pada bagian input. Hasilnya memuaskan ,tak ada noise sama sekali ataupun dengung !!!!
Proses selanjutnya adalah membuat rangkaian tapis lulus bawah (LPF) pada awalnya saya mencoba membuat subwoofer filter pasif, setelah dicoba hasilnya kurang tidak memuaskan, bassnya boomy tidak bulat dan pulen seperti yang saya harapkan. Akhirnya saya putuskan membuat subwoofer filter aktif saja dan hasilnya benar-cukup memuaskan . Tentu saja hal ini didapatkan dengan proses yang panjang dan membutuhkan ketelatenan dalam memilih, mempelajari serta memodifikasi rangkaiannya agar benar-benar didapatkan hasil yang yahud. Saya mengguanakn komponen dengan kualitas yang lebih bagus( R metal film ,MKM) Hanya sayangnya speakernya tidak mendukung (audax 5” woofer), coba kalau sudah pake speaker subwoofer!!!boleh diadu sama simbakdut harga dibawah satu jeti. Berikut skema subwoofer filter aktifnya :



Setelah subwoofer oke, dilanjutkan dengan membuat tone control untuk satelitnya. Tone control pasif jadi mangsanya, dengan pertimbangan disamping simple dan murah , saya pikir gak terlalu penting apakah satelit mau pake aktif ato pasif tone control. Setelah dicoba, ternyata gainnya kurang, gak imbang sama subwoofernya. Akhirnya di depan dan di belakang tone control diberi penguat non inverting dari IC lm 084(quad op-amp). Yang depan sebagai buffer untuk menguatkan sinyal yang drop akibat kabel RCA dan yang belakang sebagai penguat dan mengembalikan fasa sinyal yang tadinya terbalik karena adanya rangkaian buffer. Setelah diuji coba, hasilnya sesuai harapan , puaz!!! Sudah dapat mengimbangi subwoofer. Trebelnya renyah tidak menyakitkan telinga,mid cukup open, untuk bass sengaja dibuat tidak terlalu rendah karena nada rendah sudah di handle oleh subwoofer. Berikut skema tone controlnya :


Semuanya dah siap, pasang sana-sini-situ,beres!!! Uji coba buat nyetel mp3 ,new generation-nya The S.I.G.I.T. Hasilnya yahud bin gugel!! Trus coba untuk nyetel pelem eragon. Asem… kalo adegannya dialog doang, vokalnya agak kurang keras, tapi untuk adegan yang lain sip!!!bass pulen & bulat, treble krispi….kresss…tcrinkkk!!!!
Akhirnya, demi kepuasan diri dan keadilan dunia persilatan dan penyolderan  dengan yakin saya putuskan untuk menambah satu biji amplifier lagi untuk menangani vocal. Rangkaiannya sama persis seperti untuk satelit hanya saja tidak butuh tone control, paling meng-kopel potensio dengan kapasitor yang nilainya pass saja (coba-coba) sehingga didapat frekuensi yang pass untuk vocal. Solder sana, solder sini, pasang sana pasang sini, yaps!!!siap dihidangkan!!!.Saya coba untk memutar film shooter. Yeah …..siiiip!!!!! vocal dapat tetap terjaga, rame ato tidak situasi adegan filmnya tetep si vocal keukeuh, bass berbobot& bulet, treble krispi. Beda dengan speaker simbadda kamar sebelah, kalo buat nyetel film, vocal sama backsound gak imbang….!!!
Tapi gak berhenti disini, kebetulan di kolong meja tempat sehari-hari saya melakukan ritual nyolder, ditemukan rangkaian echo digital sedang merana menunggu di pakai kembali setelah sudah hampir setahun gak dipakai, dulu dipakai untuk pelengkap nge-break biar suaranya menggema di udara ;)!!!! Rangkaian echo tersebut akan saya pasang untuk member efek suara pada ampli saya. Saya pasang untuk bagian center (cara yang sama yang dilakukan pada sebagian system home theatre untuk menambah efek surround 3D).


41 komentar:

Anonim mengatakan...

good

saso mengatakan...

good

saso mengatakan...

good alias bagus

Dian mengatakan...

yo yoi... prlu d cuba nie? pastinya mksh y mas atas info nya....

Anonim mengatakan...

mas diuplod dong skemanya, utamanya cara nggabungin subwofer sama tone controlnya, thanks ya mas

Anonim mengatakan...

mas tolonk de di uplod skemanya,terutama cara nyambungin subwofer sama tone controlnya, thank ya mas....

Anonim mengatakan...

good

Anonim mengatakan...

mas, mo nanya ni, kan da umum kalo subwofer dan tone kontrol pake power sendiri2, yang ku mo tanyakan kalo subwofer filtrer sama tone kontrol powernya jadi satu bisa gak ya???? kayak itu loh mas aktif spoeaker (kan sekarang ditoko2 banyak aktif speaker nerapkan kayak gitu, satu power untuk tone kontrol n subwoofer)suwun ya mas ilmunya..

Ameer mengatakan...

Kalo dbuat spt speaker aktif,namanya bkn HT dnk mas,.lgian sensasinya jg beda antara sistem stereo (hi-fi),2.1 ch,dan 5.1 ch (HT)..

Mas Ebro mengatakan...

mas tolong kirimin skema sama gambar jadi nya dan cara masang nya...aku buta banget soal elektrtronik tapi hoby banget soldar solder gitu...hatur nuhun nggih...

Radio Golak mengatakan...

Mas amir kenapa ga di produksi aja trus nyoba di jual. kalo bujetb\nya ok khan pasti banyak yg mau

rifal mengatakan...

MAS POWERNYA DIMANA +VCC DIBAGIAN TONE CONTROLNYA

Anonim mengatakan...

Mas salam kenal aja ya, sekalian aja ane mau minta skema lengkapnya. Kalau bisa atach ke email ane, luky.sonjaya@yahoo.com.Makasih sebelumnya. Sukses ya.....

Anonim mengatakan...

mas diuplod dong skema tda 2030 n 2050, biar kita2 bs pinter jg

Ameer mengatakan...

skema TDA 2030/50 bisa liat di datasheetnya.thx

Anonim mengatakan...

itu habis berapa mas totalnya?

btw tone control nya yg bisa diatur apa aja ya?

jokosamudro mengatakan...

broo,,, aku pesan amplifier 1 yg ukuran 3000w PMPO,, dan pakai grapiek equalizer 20 tpi yg geserang atas bawah,, blh gk,, klu OK buatin berapun harganya

jokosamudro mengatakan...

broo,,, aku pesan amplifier 1 yg ukuran 3000w PMPO,, dan pakai grapiek equalizer 20 tpi yg geserang atas bawah,, blh gk,, klu OK buatin berapun harganya

Ameer mengatakan...

@mas joko: maaf mas kebetulan saya gak terima order, cuma sekedar hobi aja, mending mas joko bikin sendiri aja, kalo ada kesulitan nanti saya bantu. Bisa bikin sendiri ada kepuasan tersendiri juga kan?

salam DIY

trisilo mengatakan...

mas amerr slm kenal ya,...mas sya pgen pnya audio rakitan sya sendri yg murah tpi kualitas suaranx oke,bass pgen yg buelet&muantab,bisa bkin dada bergetar klo bisa,bikin kaca jendela jederrjederrr... apa aja yg msti sya beli mas??

-catu dya yg CT ap byasa? brp Am?
-kit ap aj yg dbutuhkn?
-speker brp inc? brp biji?

#drmh sya dh punya amplifr yg brtliskn 150wat merk hatori dg galaxy ic, speker biasa acr 10", subwofer Revox 6"....TLOG BNTU SYA Y MAS AMMER??

Ameer mengatakan...

@trisilo:berapa kira2 luas ruangan? budget berapa??baru kita bahas bareng2 disini.ok masbro?? :)

trisilo mengatakan...

ma'f mas bru bsa mncul lg.,..
luas ruangan kra2 cuman 8x10m..
budget ada klo 3jt,, (ma'f bkn smbog lo mas),

trisilo mengatakan...

sory mas bru bsa nongol lg.. luas ruangan kra2 8x10m aja.. budget kra2 3jt., (ma'f mas bkan smbog low)..,bkin yg mrah mriah aj mas kya jdul d atas..,hehe

Ameer mengatakan...

@trisilo: wah ruangan 8X10 m?gede juga mas.
berikut rincian dengan budget 3jt versi saya:
Dengan budget segitu mending bangun sistem 2.1 (2 speaker front plus 1 subwoofer)aja mas,kalo 5.1 dana kurang.

SUBWOOFER
-Kit Power Blazer X2 mono : 150rb
-trafo 5A murni 45 V ct :200rb
-elko supply 4X10.000uF/85 v +dioda bridge 20A: 150rb
-kit subwoofer filter 2.1 :50rb
-speaker subwoofer(legacy/prestige 10") : 250rb


FRONT SPEAKER
-Kit TDA7294 stereo include supply :200rb
-Trafo 5A 25 V ct: 100rb
-speaker 2X Audax 6,5" 150rb
-tone control parametrik lengkap supplynya :150rb


LAIN-LAIN
box speaker,box modul/kit elektronik,kabel2,heatsink dll :1jt

total sementara: 2,4jt.
rincian diatas versi saya lho mas, harga mungkin berbeda di tiap daerah.
Mudah2an ada gambaran, ato mungkin sekedar dijadikan referensi. Maaf kalo ternyaata kurang pas..:)

Ato ada rekan lain yang ingin menambahkan..monggooo..:)

trisilo mengatakan...

klo yg mas sebutin it bikin home teater tha mass..,

Ameer mengatakan...

bukan mas trisilo, klo HT itu 5.1,

trisilo mengatakan...

mas tlong ksih gmbran urutan pemsagannx.. aq pake hp bkan vcd,.trims

Tommy Kwitang mengatakan...

Tulisannya bagus, mudah dipahami, jelas dan enak dibaca. Kalau blog anda dijadikan buku, tentu akan menghasilkan uang yang banyak.

Pasti banyak penggemar elektronik pemula yg berminat. Tidak semua orang punya waktu berselancar, tapi mebaca buku diperjalanan tentu terasa mengasyikkan.

Ameer mengatakan...

@pak tommy: wah pak tommy berlebihan nih, padahal saya aja banyak nyuri ilmu dari panjenengan di SF, jadi kalo mau bikin buku harusnya pak tommy nih =D, btw matur suwun pak sudah mau mampir.

Andi Priyanto mengatakan...

maaf mas.aku mch buta banget ama elektro,{maklum mch blajar}lau bleh uploadkan gambar lengkapnya terutama buat tone controlnya di arfan_yudha79@yahoo.com mkch sblmnya...

Andi Priyanto mengatakan...

mas apload domk skema lngkam tone controlny.!n mkch sblmny...n sukses sll...!

Ardiansyah mengatakan...

Mantap bangetz Mas. sy tertarik ama Skema Subwooferx, klo bisa nih mas minta tolong dong rincian componenx klo bisa skema di PCB lengkap dengan peletakan komponenx. maaf Mas byk minta. soalx mau blajar jg rakit sndiri. Via email anchaxx@yahoo.com
Thanks mas sbelumx.

Mas Mad mengatakan...

gan tu d skema rangkaian yg pling atas g ad elco 4,7uf,tp knp d skema pcbny jd ad elco 4,7uf 2 bji..? Ltakny dmn...?
Kl ic tl 062 d gnti TL 082 gmn,bs g?

Oreenz mengatakan...

Kit TDA7294 buat ngangkat legacy LG 696 dua biji mampu nggak bang?

Ameer mengatakan...

legacy 696 di (tulisannya sih 100watt), tDA7294 klo gak salah 70W max di 8ohm, catu 35VDC (ini pasti panas), anggaplah cari amannya dibikin 50Watt aja, jadi kalo data yang saya dapet itu gak salah, 7294 buat dorong 2X legacy 969 (4ohm) -->kurang masbro,kecuali kalo di BTL...

wiryo ayah abil mengatakan...

Real DIY'ers Sejati....
salam DIY kang ameer

wasenk68 mengatakan...

pada kemana ga da yg nyundul..

arcehjh mengatakan...

tertatik bangt gan...

Tpi nda punya dasar sma sx.....

eri syarif mengatakan...

saya punya mini hi fi sony mhcvx-777 dengan 2 surroun, kalau mau tambah speaker surround 4 buah lagi gimana caranya, speaker surround saya 24 ohm

eri syarif mengatakan...

saya punya mini hi fi sony mhcvx-777 dengan 2 surroun, kalau mau tambah speaker surround 4 buah lagi gimana caranya, speaker surround saya 24 ohm

Anonim mengatakan...

Bos ameer,aku punya speaker aktif cardion sma subwoofer aktif polytron psw700 ,gmn cara memodif biar dpt kluaran yg yahuud n imbang,serta hrs tmbah apa biar lbih mantaf dg kluaran efec sorround?

 
.