src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Cari Blog Ini

Selasa, 12 Mei 2009

JAM DIGITAL AT89S51


Jam Digital ini merupakan proyek mikrokontroller pertama saya. Pembuatanya sangat mudah, pemula pun pasti bisa. Ini buka proyek asli saya, saya menjiplak rangkaian dan file hex.nya dari internet, kebetulan tidak ada listing programnya. Setelah saya download file hex-nya jam langsung jalan. Jam ini hanya menampilkan jam dan menit saja, untuk detik anda bisa mengakalinya dengan memasang led yang dihubungkan dengan rangkaian osilator I Hz yang dibentuk dari IC 555 (itu yang saya lakukan, karena saya tidak tahu listing programnya) ,diparalel 2 buah dan dipasang sebagai penunjuk detik. Dua led tersebut dipasang ditengah-tengah jam dan menit. Walaupun dengan cara itu detik dan menit jika diperhatikan (dihitung) sedikit meleset tapi menurut saya nggak masalah, lagipula orang juga nggak akan tahu. Berikut skema jam digitalnya :

Untuk PCB nya saya mendesain sendiri,tentunya masih menggunakan software andalan saya, Dip Trace. Berikut layout PCBnya (tampak atas) :



File PCB nya dapat di download disini.
File hex. dapat didownload disini.


Masukkan Code ini K1-FAFB1D-1
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

10 komentar:

Farisiy mengatakan...

kalo membuka file ekstensi .dip pakai software apa ya ?? thanks ya

Farisiy mengatakan...

kalau untuk membuka file ekstensi .dip pakai software apa ya? thanks yaa, mohon bantuannya yaa,
email : akhmad.farisiy@yahoo.com

Amir Amiru mengatakan...

@akhmad: software dip trace

Farisiy mengatakan...

mas itu komponennya apa aja ya ? thanks . .

Farisiy mengatakan...

mas itu komponennya apa aja ya ? thanks ya . . .

Farisiy mengatakan...

maaf mas itu komponennya apa aja ya ? thanks . . .

Farisiy mengatakan...

mas itu komponennya apa aja ya ?
thanks ya

Farisiy mengatakan...

mas, lay out pcb untuk yg untuk displaynya ga ada ya ?? minta dong . . thanks yaa . . btuh banget . .

Trinopriani mengatakan...

permisi mas.. programnya pake mide atau??

Trinopriani mengatakan...

permisi mas, numpang nanya ni, sofware programnya pake apa ya?? soalnya yang aku punya cuman pake mide. trimakasih sebelumnya.

Posting Komentar