src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Cari Blog Ini

Rabu, 06 Mei 2009

LED CUBE



Bagi anda yang menyukai gemerlap led yang menawan dengan efek animasi yang menarik jangan lewatkan untuk mencoba proyek saya yang satu ini. Namanya led cube yaitu beberapa led yang disusun menjadi sebuah kubus yang dapat diatur variasi penyalaannya sehingga membentuk efek animasi. Efek animasi ini dikontrol oleh Mikrokontroller yang diprogram untuk menyalakan led pada outputnya dengan sistem scanning ataupun dengan cara yang paling sederhana yaitu seperti menyalakan led seperti biasa tapi secara berpola. Jumlah led yang disusun membentuk kubus disesuaikan dengan selera kita. Makin banyak susunan led, makin rumit pula pemrogramannya. Susunan led terdiri dari 2X2X2(minimal), 3X3X3, 4X4X4,5X5X5, dan seterusnya atau tergantung keinginan kita, tentunya dengan pertimbangan budget dan kemampuan membuat program. Dalam proyek saya kali ini saya membuat led cube dengan dimensi 3X3X3. Berikut skemanya:

Saya mengunakan Software Dip Trace dalam pembuatan layout PCB sebab mudah dalam pengoperasiannya. PCB yang saya rancang dibuat seminimalis mungkin, dan dapat langsung berfungsi sebagai downloader sehingga anda tidak memerlukan downloader tersendiri. Berikut layout dan PRTnya:

Setelah PCB jadi, pasanglah semua komponen dan susunlah led sehingga menjadi seperti sebuah kubus.






Setelah semua komponen terpasang, berilah catu daya sebesar 9volt Dc, kemudian hubungkan rangkaian ke computer menggunakan kabel ISP.
Setelah rangkaian terhubung dengan computer jalankan program ISP Programmer, dan cek apakah mikrokontroller sudah terbaca leh komputer dengan meng-klik Verify.
Jika sudah terbaca computer, download program ke mikrokontroller dengan langkah sebagai berikut: open>pilih program(format Hex)>write. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Anda dapat melihat langsung hasilnya setelah proses download selesaisehingga jika terjadi kekeliruan program anda bisa langsung memperbaiki programnya tanpa perlu melepas mikrokontroller ataupun melepas kabel ISP karena PCB dirancang untuk dapat sekaligus dijadikan sebagai downloader.
Setelah program dibenamkan pada mikrokontroller, saya hidupkan led cube di ruang yang agak gelap. Efek animasi begitu menarik sehingga tak ada kata bosan melihatnya.. Efek menarik ini didapatkan dengan perjuangan yang cukup menyusahkan dalam pembuatan programnya. Efek anmiasi yang dibuat hanya 20 variasi, karena keterbatasan memoi mikrokontroller dan juga karena konfigurasinya hanya 3X3X3, jika 4X4X4 atau lebih pasti bisa lebih banyak variasinya (tapi mumet juga programnya). Dalam pembuatan program, saya mengerahkan 2 teman programmer untuk membantu saya. Videonya dapat anda download disini:
silahkan download list program asemblernya disini


19 komentar:

ichigawa mengatakan...

daftar komponen nya?
saya bingung dengan komponen nya?

Anonim mengatakan...

waduh aku bingung jenis ic yang digunakan tu apa dan gamabar nya kurang detil

Amir Amiru mengatakan...

basis rangkaiannya kn pake sismin mikrokontroller mcs51,led2nya tggal hubungkan ke port2 yg sdh dtntukan.kalo paham mikrokontroler pasti led cube ini proyek yg sngat mdah.cb anda googling all about mikrokontroller.

Anonim mengatakan...

untuk besar Resistor dan led yang dipake berapa besarnya bung??

Anonim mengatakan...

boleh minta daftar komponennya gk???

coz q masih bingung nee...

pngen nyoba soalna..

heheeee

tolong di posting daftar komponennya ya...

Engineering mengatakan...

saya bingung neh cara pemasangan LED nya dalam pembentukan cube,, letak kaki katoda dan anoda nya,
tolong mas beri pencerahan,
trims,,

Engineering mengatakan...

mas cara pemasangan LED nya pas membentuk cube gmn??

kn ada katoda anoda

Amir Amiru mengatakan...

@deny = ini mungkin bisa membantu mas bro deny
http://www.instructables.com/id/LED-Cube-3x3x3-with-ATMEGA8/

lili mengatakan...

klw utk programnya gimana..?
bisa kasih contoh gagh ..??
pakai bahasa pemograman ap..?
pkek bascom atau apa..??

Amir Amiru mengatakan...

@lili: programnya kn ada diatas.saya pake bhsa asembler.@lili: programnya kn ada diatas.saya pake bhsa asembler.

Anonim mengatakan...

ko prog asm nya EROR ya....

Anonim mengatakan...

ko eror pro sm nya

Amir Amiru mengatakan...

@anonim= mksdnya eror gmn?gak bs di compile?harusnya sih bisa.

Anonim mengatakan...

ya mas gk bisa d nvile...tepatnya #376..minta file hex nya bisa tdk mas??skemanya tolong d priksa ko positif LED d gabung ke ground ya??

Amir Amiru mengatakan...

@anonim= file hex dah gak ada mas,di komputer yang dulu,, proyek ni dah lama banget soalnya.positif led gak gabung ke gnd (kan ada resistor), port bwt aktif rendah,port driver (TR) aktif tinggi,misal ketika port led aktif rendah semua,dan port driver aktif tinggi semua,maka katoda dapat "0" (dr mikro), dan anoda dapat "1" dari kolektor TR driver, sehingga semua led nyala,gitu prinsip penyalaan lednya mas,sehingga kita bisa mengatur variasi penyalaan led dengan mengubah logic port led dan port driver semau kita .

Mohd Fur mengatakan...

gan tu prinsipnya cuman mengatur penyalaan LED doang?

Amir Amiru mengatakan...

iya bro, cuma mengatur penyalaan led doang =D

Admin mengatakan...

jual yang sudah jadi ngga bro ??

Unknown mengatakan...

bos itu pake xtail berapa dan ic apa

Posting Komentar