src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Cari Blog Ini

Selasa, 11 Februari 2014

Bikin Subwoofer Aktif

Rencana :
1. Power pake TDA7294
2. Sub filter pasaran
3. Box model bandpass dg driver 10"

Sementara yang baru jadi cuma powernya aja


Sub filter sementara pake Parametric TC C-50 Bell, dipake pengaturan bassnya aja, pengaturan yang lain ditutup.
Sementara speaker pake speaker mobil boston dengan box alakadarnya.
Box bandpass lagi dipesen, Sub filter lagi dibikin

UPDATE 1April 2014
Berikut penampakan terakhir Power beserta Low Pass Filternya





Spek :
1. Power pake TDA7295
2. Sub Filter Bell
3. Trafo 4A (copotan ampli Onkyo)
4. PSU 3X 6800uF/68V (Nippon Chemicon)

Mengingat TDA7295 powernya dibawah TDA7294, makanya saya pakai 2 buah untuk menghandle 2 buah driver juga. Hasil setelah dirakit kurang memuaskan, nada rendah kurang menggebuk. Hal ini dikarenakan saya memakai box speaker biasa dan speakernya pun woofer 6' biasa, sehingga tidak mampu menghandle frekuensi dibawah 80Hz. Membran speaker maju mundur sangat kuat, tapi suara gaka ada/ cuma angin. Untuk mengakali hal ini, saya ubah cut off low pass filter agar bekerja di range frekuensi dikisaran 80Hz. Toh saya bukan bass freak. Setelah dilakukan perubahan ini, alhamdulillah bisa sesuai dengan ekspektasi saya. Speaker bisa bekerja maksimal dan sesuai kemampuannya, nada rendah bisa empuk dan cukup bertenaga untuk menggetarkabn kamar dengar 3x3 meter.
Untuk kedepannya, saya akan membuat ported box speaker 6" dua buah, mengingat saya memakai dua buah power. Hal ini sengaja dilakukan agar setup audio dikamar bisa merata nada rendahnya karena ada dua unit speaker subwoofer ditempatkan di titik berbeda. Hal yang perlu diperhatikan adalah kemungkinan dua speaker ini saling menghilangkan bunyi, hal ini dapat diatasi dengan penempatan speaker yang tepat ataupun pembalikan salah satu fasa speaker.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

sub polyron tda 2009,TC menggunakan c945,ne 555 untuk relay saat bas masuk relay konek box isobarik ribet hehehhe ribet

Posting Komentar