src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Cari Blog Ini

Rabu, 12 Februari 2014

Memasang Variasi Led Motor (Hazard, Mata Kucing, Voltmeter, Tail Led)

Biar makin rame motornya, saya pasang beberapa aksesoris Led.
1. Led mata kucing di batok 
Menggunakan 2 biji  led 1/2 watt (3,5 Volt/ 150mA) diseri dengan resistor. Sumber listrik dari spull. Dibuat DC dulu dengananggapan voltase maksimal pada RPM tinggi sekitar 14Volt, sehingga kira-kira setelah disearahkan menjadi  :14 x 1,4 = 19,6 Volt. Jadi resistor yang dibutuhkan : 19,6/0,15 = 84 Ohm --> 100Ohm.



2. Lampu Hazard 
Menggunakan Eagle Led (sebutan led variasi) 1,5watt. Sumber langsung dari aki. DItambah saklar tambahan didekat handdle kiri untuk menyalakannya. Dengan watt segitu, sudah cukup terang. Biasanya saya nyalakan kalau akan bepergian jauh atau menyalip mobil.
Rangkaian flashing menggunakan rangkaian bekas hazard biasa yang dijual dipasaran. Kalau mau bikin sendiri juga sangat gampang, tinggal pakai IC 555 dan 4017. waktu/delay bisa ditentukan sendiri.

3. Stop lamp/ Tail Light

 Menggunakan 14 biji led 1/5 watt warna merah. Ditambahkan juga led dibagian sein, warna putih dan biru agar menambah kesan menarik.

4. Voltmeter

Voltmeter digital dipasang dibatok lampu. Tentu saja harus dilubangi untuk tempat menaruh voltmeter. Voltmeter jenis ini banyak dijual dipasaran dengan harga sekitar 60rb. Ada juga voltmeter yang dilengkapi jamdan juga termometer. Fungsi dipasang Voltmeter adalah untuk memonitor voltase Aki serta menambah kesan cantik.



















0 komentar:

Posting Komentar