src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Cari Blog Ini

Senin, 20 Januari 2014

DIY Home Led Lighting


Beberapa titik rumah saya, sudah menggunakan Led. Disamping irit, tampilan juga lebih keren. Bisa dibuat berbagai bentuk, berbagai warna, dibikin dimmer, dsb. Berikut contoh salah satu Lighting Led di teras rumah memakai  led SMD 5730 (V: 32-3,8 Volt, I :150mA ).






Skema mirip seperti gambar dibawah cuma nilai kapasitor dan reisitornya nya diganti (disesuaikan dengan jumlah led dan spek led)
Hasilnya :


 Terang & irit !!! :)

Lampu yang lain :









11 komentar:

Mas Zoel mengatakan...

Mas, kalo kapasitornya diganti pake 1uF 400v bisa gak mas? Soalnya di tempat saya gak ada yang jual ukuran 0.66uF dan caps itu saya dapet dari raket listrik

Amir Amiru mengatakan...

Bisa aja, yang penting 400V.

Unknown mengatakan...

itu nilai kapasitor dan resistor nya berapa
untuk smd 5730

kan amper nya mayan gede itu mas

Amir Amiru mengatakan...

nilai R dan C tergantung jumlah led yang dipake mas. Arus gede?? nah tuh led gak mati??kenapa?karena sifat unik led itu sendiri, led akan sehat2 aja kalo salah satu asupan V ato I memenuhi.misal,led 3V/20mA akan sehat2 aja klo dikasih 10V 20mA, vice versa.lebih baik lagi kalo keduanya sesuai.

Unknown mengatakan...

berarti kl saya pasang kapasitor
820nf akan sehat jaya ya mas

mengingat datasheet dr smd 5730 kan 150ma

oh iya mohon petunjuk untuk menghitung nilai resistor nya mas
saya awam untuk tegangan ac hehe

BOY mengatakan...

gw bkin transformerless powersupply pakai c 534j 400v dan r 470ohm, utk menyalakan 4 led diseri, tp gk nyala, malah 1 led mati. tp kalau diparalel nyala tp redup. apanya yg hrs diganti?

Amir Amiru mengatakan...

BOY : klo cuma pake satu biji C dan satu biji R ya gak bener mas, misal bisa nyalapun pasti R-nya panas. coba ikuti rangkaian yang diatas :)

Stefanus mengatakan...

mas, saya masih awam dengan membaca skema ada yg lebih detil ga tentang lampunya?

Stefanus mengatakan...

mas, saya masih awam dengan membaca skema ada yg lebih detil ga tentang lampunya?

Unknown mengatakan...

Suka

Unknown mengatakan...

Suka

Posting Komentar