src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Cari Blog Ini

Minggu, 15 April 2012

CMOY Headphone Amp


Karena penasaran dengan CMOY headphone amplifier yang terkenal di forum2 sono, maka liburan  minggu ini disempatkan untuk memanaskan solder kembali...

Komponen yang dipake: Resistor Takman rex25,Mox,Panasonic ern (saya baru tau kalo si ERN ini toleransinya 0,1 %) , potensio mini Alps, OPA2134, elko Nichicon PX, Blackgate STD.




Skema (nyomot pakdhe google) 




Tampak bawah PCB
 Dari  gambar diatas nampak Blackgate 3,3uF di posisi coupling input semata-mata karena gak ada stok kapasitor yang nilainya kecil, paling kecil ya si Blackgate itu, so terpaksa dipake dulu sambil nunggu MKP buat penggantinya (mungkin pake WIMA aja yang dimensinya gak terlalu bongsor.

Tampak atas


Dimensi


LED indikator


Switch ON-OFF


TESTING....


Testing pake Headphone alakadarnya merk Audio Technica..

Peningkatan setelah pake si Cmoy ini : suara lebih transparan, detail, staging ningkat dikiiit, overall puas lah, yang paling kerasa ya detail sama transparannya itu. Akhir kata dengan ini DEP  nyatakan si CMOY ini Rekomended Project!!!





21 komentar:

Era Rabuansyah mengatakan...

Salam kenal,Tolong diupload skemanya mas.
Thanks...

Amir Amiru mengatakan...

@era: ok
:)

Amir Amiru mengatakan...

:a:

Era Rabuansyah mengatakan...

Terima kasih atas di uploadnya skemanya..saya mau cobain ngerakit nih..
Tambah terus artikelnya..sangat bermanfaat..

Evan Suryo Wiranatha mengatakan...

Salam kenal mas, saya merakit Cmoy OPA2134PA, chanel kanan suaranya normal, tetapi yang sebelah kiri suaranya keluar tapi tidak jernih, jalur sudah saya cek ulang dan tidak ada yang salah termasuk solderannya, kira - kira permasalahannya di mana ya ? mungkinkah di komponennya ? padahal baru semua

Terima kasih

Evan Suryo Wiranatha mengatakan...

Salam kenal mas, say amembuat CMOY hasilnya adalah chanel kanan suaranya bagus tetapi chanel kiri suaranya tidah jernih, saya cek di jalur dan solderannya semua bagus, mungkinkah permasalahannya di komponennya ? padahal baru dan nilainya kiri kanan sama semua

Terima kasih

Amir Amiru mengatakan...

@evan:bisa lebih spesifik lagi tidak jernihnya gimana?lebih pelan dari chanel kanan gak mas?kyaknya masalah bukan di komponennya mas,tp nge-rangkainya, wah kalo ada gambarnya akan lebih membantu mas.

Anonim mengatakan...

Wah, tukang ngoprek barang elektronik ki, mesake men di mutilasi kaya ngonoh...

Evan Suryo Wiranatha mengatakan...

OK mas, suara sebelah kiri tertutup oleh harsh/kemresek, saya coba rakit ulang aja dulu, semoga permasalahannya memang di perakitan,saya ikut tutorial dari http://williamneo.blogspot.com/2008/01/diy-cmoy-headphone-amplifier-for.html btw... kebetulan juga saya bisa ngrakit GC ala SF setelah gabung di forum dan ngikuti posting mas Ameer juga, thanks

Amir Amiru mengatakan...

@evan: harusnya sih kalo dah ngerakit GC ,CMOY pun gak da problem mas, kan topologinya sama persis (penguat non-inverting). Waduh saya malah bingung liat tutorial di link yang mas evan kasih :e:
Semoga setelah rakit ulang langsung berdendang mas..

Unknown mengatakan...

om Ameer alat rumah karawang dimana?minta no telf dong....mau sharing cari part di karawang yang ori dimana?
thanks

sambhawa21 mengatakan...

ini mantebh juga... klu cmoy 3 chanel atau lebih apakah ada skemanya juga??

Amir Amiru mengatakan...

Bro Sambhawa: 3 chanel? lha yang 1 chanel buat apa bro? mungkin maksudnya satu cmoy bisa buat dua headphone/lebih gitu?
Tinggal buat rangkaian yang identik aja bro buat ngedrive headphone yg lain, jangan satu rangkaian trus outnya diparalel buat lebih dari satu headphone-->impedansi jadi kecil-->opamp panas, tu baru tebakan sih,lum pnah nyoba :d:

Anonim mengatakan...

gan mau tanya, saya kan nyoba ngerakit CMOY,
masalah saya sewaktu jalur L out nya saya sambungin ke jack out, suara nya jadi hilang, tapi sewaktu jalur L out nya saya lepas dari jack out, suara sebelah kanan jadi keluar,
saya sudah nypba ngerakit 2x tapi hasul nya tetep sama, kira2 kenapa ya?

Amir Amiru mengatakan...

konfigurasi/masang konector jack femalenya yang salah kalia bro. coba kirim gambar rakitannya via email.

Unknown mengatakan...

Pa, trima pesen tdk?

Amir Amiru mengatakan...

Pak Joni, saya cuma penghobi, gak bisa bantu. Beli kitnya aja kan banyak Pak. Rekomendasi saya beli kit O2 aja.

Suwun

Unknown mengatakan...

mas, mau nnya beli bahan2nya di toko mna ya? kalau bsa online shop. sya mau cba buat soalnya :) thnks

Unknown mengatakan...

mas, mau nnya beli bahan2nya dmana aja ya? kalau bisa online shop, saya mau cba buat :) thnkyou

Gratisan Pol mengatakan...

Tolong dong minta daftar komponenya beserta ukuranya :)

Makasih

Ujang mengatakan...

Gan bole minta skemanya..???

Posting Komentar