src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Cari Blog Ini

Jumat, 30 September 2011

Awesome Projects

PROPELLER CLOCK
pertama kali melihat proyek ini (2007), saya betul-betul kagum,kok bisa-bisanya deretan led diputar trus menampilkan efek jam,berfungsi lagi!!! hmmm,dari situ saya cari tau gimana prinsip kerjanya,ternyata permainan timing penyalaan tiap led yang terilhami dari prinsip scanning seperti scanning pada seven segmen. salut buat orang yang pertama kali bikin propeller clock!!!!mantap idenya.tapi sepertinya proyek ini hanya sebagai hiasan saja,kurang cocok kalo dipake sehari-hari untuk menggantikan jam konvensional,kenapa?pake motor-->berisik,faktor life time motor juga; gak efisien-->supply buat motor plus mikronya juga(jam lonvensional cuma buuh batere AAA sebiji bisa tahan tahunan).tapi,proyek ini cukup whorted untuk dicoba.hmmm mudah-mudahan ada waktu...

The Propeller Clock by cool__black


LED CUBE
Led disusun bertingkat membentuk kubus yang ketika menyala membentuk pola-pola indah sesuai program yang dibenamkan di mikrokontrolernya.kalo saya bilang,wajib dicoba!!selain gak seribet propeller clock dan pov, aplikasi led cube lebih applicable,bisa buat sekedar hiasan,lampu tidur,etalase,dsb.liat proyek led cube mini saya di blog ini,sudah lengkap layout beserta list programnya juga.



POV (Persistence Of Vision)
Prinsip kerja sama persis seperti propeller clock,permainan timing/delay penyalaan led yang kalo berotasi akan membentuk pola/tulisan tapi lebih simple dari propeller clock dalam hal pemrogramannya.bisa dipasang di kipas angin,roda(jeruji) sepeda atau motor.

pov tekniği ile RGB LED'lerle havaya yazı yazma by korhan231989

My POV  :)


SPINNING LED
Proyek yang simpel tapi bagus,tp sebenarnya gak bisa dibilang simpel juga sih, karena pake motor lebih dari satu,susahnya yaitu gimana caranya catu buat led agar ketika semua motor berputar,catu led tetap konek sempurna. Gak pake program pun (pake rangkaian analog ) juga udah bagus ,cuma led nyala doang juga bagus,karena berputar!!jadi efeknya ntar tiap led seperti neon kalo berputar.




4 komentar:

fakhris ardiansyah mengatakan...

rangkaiannya gimana?

Amir Amiru mengatakan...

klo project pake mikro rangkaiannya gak da yg spesial mas, cm sismin ma pengolah input ato output--->cntohnya driver. Yang masbro tanyain rangkaian yang mana??

Unknown mengatakan...

Bro bisa bikinin ane pov gak bro?

Amir Amiru mengatakan...

Saya sekarang udah gak main pemrograman mikrokontroller mas, kalo PLC masih. jadi gak bisa bikinin. Tapi kalo mau bikin , referensi banyak bertebaran di internet

Posting Komentar