src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Cari Blog Ini

Selasa, 04 Maret 2014

Membuat Charger HP Motor

Bagi yang suka touring, tentu charger sangat penting agar tak kehabisan battere HP. Pabrikan Honda juga tau hal ini, makanya di produk New Supra X FI 2014  juga akan ditambahkan fitur ini.

Berikut skema charger yang bisa kita buat sendiri dengan modal gak lebih dari Rp.10.000,-






Skema diatas sudah sangat umum. Regulator memakai 7805, arus maksimal 1A. Arus sebesar 1A saya rasa sudah ideal untuk semua jenis HP. Gak kurang, gak kelebihan. Jika terlalu kecil, waktu charging semakin lama tapi battere awet, sedangkan jika terlalu besar, waktu charging singkat tapi lifetime battere akan berkurang.
Input bisa langsung dihubungkan ke jalur aki setelah kontak. Fungsi Dioda untuk membatasi arus dari Aki, yaitu sebesar 1A, karena IN400X arus yang bisa dihandle maksimal 1A. Walaupun 7805 arus output juga maksimal 1A, namun jika arus input terlalu besar (Misal aki motor 6A) dikhawatirkan bakal cepat panas, nah itulah guna dioda di input. Jadi misal arus input terlalu besar, yang menghandle panas adalah Dioda, bukan IC regulatornya karen arus inputnya sudah 1A. Perlu diingat, dioda punya drop voltage , jadi output dari rangkaian diatas mungkin kurang dari 5V. Tapi dropnya kecil, jadi masih bisa lah untuk charging battere. Misal mau dinaikan agar output 5V, maka pada kaki tengah 7805  ditambahkan dioda juga untuk mengkompensasi drop tegangan tadi. Penambahan satu dioda pada kaki no 2 IC 7805 akan menaikan tegangan sekitar 0,3V. Jadi bisa kita atur berapa tegangan yang mau ditambah pada output 7805.

Selamat berkarya....!!! kalo bisa DIY kenapa enggak?? :)

1 komentar:

Paipai mengatakan...

makasih atas infonya
solder uap

Posting Komentar