src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Cari Blog Ini

Sabtu, 21 April 2018

Memperbaiki Mesin Cuci

Sudah hampir tiga bulan mesin cuci dirumah rusak dengan gejala bau hangus ketika mode wash ataupun spin. Motor berputar sekitar semenit kemudian mati disertai bau hangus. Sempat terpikir memanggil tuser mesin cuci, namun tak ada salahnya mencoba membongkar dan mencari tau apa penyebabnya. Toh sekarang semua disiplin ilmu bisa dipelajari di internet.

Bongkar....



Motor terletak dibagian bawah, untuk melihatnya, mesin cuci harus dimiringkan ( lupa tidak difoto). Dalam kondisi area motor visible, saya tes dalam mode spin untuk memastikan bau gosong yang selama ini tercium memang berasal dari motor. Ternyata motor aman!!  bau gosong berasal dari board controllernya.
Board yang letaknya dibody depan diambil dengan mencopot beberapa screw
Semua koneksi kabel sudah smemakai soket, tinggal cabut

Kontroller
Setelah dicek, ketahuan-lah sumber bau gosongnya, yaitu TRIAC


Kode TRIAC-nya adalah BTB15-700BAK (15A/700V). Karena sulit mendapatkan tipe ini dipasaran, saya berencana menggantinya dengan tipe BTA24-600V seharga 15 ribu di toped ,dan sekarang mesin cuci sudah bisa normal kembali :D
  
Jadi bagi anda yang mempunyai sedikit background elektronik, tidak ada salahnya  jadi tuser untuk perangkat elektroik anda sendiri sebelum memanggil tukang servis. Yang jelas pasti biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah, dalam kasus saya biasanya beberapa tuser mesin cuci tidak mau repot kalau yang rusak adalah controllernya, beberapa oknum menyarankan mengganti modul kontrollernya karena gak semua tuser mesin cuci/AC punya background elektronik yang kuat, hanya berbekal ganti modul saja. 









1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ineeded to thank you for this wonderful read!! I definitely enjoyed
every little bit of it. I have you saved as a favorite to look at new stuff you post…

Posting Komentar